Minggu, 20 Mei 2018

3 Tipe Rumput Sintetis Yang Perlu Diketahui

Terdapat 3 jenis bahan yang digunakan untuk membuat sebuah rumput sintetis. Masing-masing bahan mempunyai karakteristik tersendiri, mulai dari ketahanan, tekstur, hingga tampilan luarnya. Tiga bahan tersebut adalah:

Nilon

Rumput sintetis dari bahan nilon memiliki karakteristik utama berupa ketahanannya yang kuat. Permukaan rumput sintetis ini tidak akan mudah rusak, meski telah diinjak hingga ribuan kali sekalipun. Di waktu yang sama, bahan ini juga membuat rumput sintetis tidak cepat rusak meski digunakan pada lingungan dengan suhu tinggi.

Hanya saja, rumput buatan dari bahan nilon memiliki harga relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis material lain. Selain itu, dari segi tekstur, rumput sintentis dari nilon juga cenderung lebih kasar. Hal ini membuatnya memberikan sentuhan yang jauh berbeda dibandingkan dengan rumput asli.

Polyethylene

erikutnya adalah rumput sintetis dari bahan polyethylene. Rumput buatan jenis ini memiliki struktur tidak jauh berbeda dibandingkan dengan rumput asli. Oleh karena itu, rumput sintetis berbahan polyethylene kerap jadi pilihan karena nuansa alami yang dihadirkannya.

Tidak hanya punya struktur yang lembut, rumput sintetis jenis ini juga memiliki warna yang alami. Tidak heran kalau lapangan sepak bola, atletik, ataupun baseball kerap menggunakan rumput sintetis ini. Terkadang, pemakaian rumput sintetis polyethylene juga dikombinasikan dengan rumput dari bahan nilon sebagai pelengkap dengan tujuan agar lapangan memiliki tingkat ketahanan tinggi.

Polypropylene

Terakhir adalah rumput sintetis berbahan polypropylene. Dibandingkan dua jenis bahan rumput sintetis sebelumnya, polypropylene memiliki harga yang lebih murah. Oleh karena itu, rumput sintetis ini sangat cocok bagi pemilik rumah yang ingin menyegarkan suasana ruangan dengan bujet terbatas.

Hanya saja, harga murah tersebut juga dibarengi dengan beberapa kekurangan. Kekurangan yang paling mencolok dari rumput sintetis berbahan polypropylene adalah pada tingkat ketahanannya. Rumput buatan ini cenderung lebih cepat rusak dibandingkan jenis rumput sintetis lain.

Secara khusus, rumput sintetis jenis ini kerap jadi pilihan para pencinta golf yang ingin membuat lapangan sendiri di dalam rumah. Alasan utamanya adalah, karena lapangan dari rumput buatan ini memiliki sifat lentur dan ringan. Selain itu, rumput sintetis juga cocok dipakai sebagai bahan dekorasi atau karpet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar